2016 Reading Challenge: Accomplished!

readingchallenges

tinyobses.tumblr.com

Merasa gagal pada reading challenge tahun sebelumnya, tahun ini saya membenahi tekad. Jika tahun sebelumnya saya memasang target 26 buku untuk dibaca dalam setahun, tahun ini saya tambah menjadi 30 buku. Ditambah sedikit saja. Saya cukup tahu diri kalau saya memang bukan pembaca ulung, yang akan sanggup melahap 100 buku dalam setahun.

Dan tidak ada kebahagiaan yang lebih membuat hati lega, selain menyelesaikan target yang dibuat oleh diri sendiri. Hari Senin, 29 Agustus 2016, buku ke-30 itupun selesai saya baca. Ini sebuah kemajuan luar biasa bagi saya, yang lebih senang mengumpulkan buku dibanding membaca. Tahun 2015, saya menyelesaikan buku ke-26 (target paling akhir) tepat setelah pesta kembang api malam tahun baru usai. Bayangkan, tahun ini, bahkan saya masih punya banyak sekali waktu tersisa!

Semuanya perkara niat. Perkara bagaimana membangun kembali mood membaca yang bisa tiba-tiba hilang di tengah jalan. Syukur, saya banyak terbantu oleh aktivitas saya di taman bacaan. Sebagai seorang yang mengelola sebuah taman bacaan, ketika  mood itu mulai turun, dengan aktivitas yang tidak jauh dari buku, dan mata yang hampir setiap hari melihat buku berserakan, dengan cepat pula mood itu bisa kembali naik. Selain itu, rupanya menambah koleksi buku pribadi atau berkunjung ke perpustakaan juga bisa meningkatkan interest saya untuk kembali membuka buku.

Beruntungnya lagi, tahun ini bacaan saya cukup variatif. Novel, antologi puisi atau cerpen, buku pernikahan, buku essay, buku parenting.. saya lahap semua. Yang menarik sebetulnya adalah dua buku terakhir yang saya baca, yang mungkin akan saya tuliskan juga di blog ini, tapi nanti. 🙂

Jadi setelah menyelesaikan challenge ini, saya harus ngapain? Terus membaca dong, masa sudah selesai terus nggak baca lagi? Hihi

 

Leave a Reply

